Bagaimana Cara Membuat WordPress di Komputer Lokal dengan XAMPP

Membuat atau meng-install WordPress pada komputer lokal akan memudahkan kita dalam melakukan test template atau plugin WordPress. Selain itu, kita juga bisa dengan leluasa mempelajari dasar – dasar dari WordPress secara offline tanpa harus terhubung dengan Internet. Tentu hal ini akan sangat menghemat kuota dan proses loading yang cepat karena semua yang kita edit berada pada komputer lokal.

Meng-install WordpPress pada komputer lokal tidak akan bisa membuat website anda terlihat oleh dunia sampai website anda pindahkan ke “server yang sebenarnya”.

Apa itu XAMPP ?

XAMPP adalah sebuah gabungan software yang terdiri dari Apache (web server), PHP, MySQL dan beberapa software pendukung lainnya (tidak akan saya bahas sekarang, karena yang terpenting hanya tiga software tersebut).

Untuk menjalankan WordPress pada komputer lokal, anda membutuhkan ketiganya (Apache, PHP, MySQL). Dengan adanya XAMPP, menginstal ketiganya akan menjadi lebih mudah, karena kita tidak perlu lagi melakukan install satu persatu.

Selain untuk windows XAMPP juga tersedia untuk OS Linux dan Mac. Saat ini saya akan bahas pada komputer dengan OS windows.

Me-install XAMPP Pada Komputer Lokal

Silahkan kunjungi website resmi XAMPP untuk mendownload, XAMPP sendiri ada dua versi, yaitu versi installer berupa file exe, dan versi zipped. Tidak ada perbedaan antara keduanya, proses installnya sama saja. Untuk mendownload versi installer langsung saja klik download. Pada artikel ini saya gunakan versi 5.6.30

ss-web-xampp

Untuk mendownload versi zipped, klik pada link more download, selanjutnya halaman Sourceforge.net akan terbuka, klik versi yang sama.

ss-web-xampp-zipped-version

Setelah proses download selesai langsung install saja, untuk versi installer exe, ikuti saja wizardnya, klik next, next, next, biarkan setting secara default. Sebelum klik finish jangan lupa centang “Do you want to start the control panel now ?”. Selanjutnya XAMPP kontrol panel akan muncul, klik start pada Apache dan MySQL untuk memulai, jika warna sudah berubah hijau, itu artinya Apache server dan MySQL sudah berjalan pada komputer lokal anda.

ss-xampp-cp

Untuk versi zipped, langsung ekstrak saja pada folder yang anda inginkan, selanjutnya anda akan mendapati folder “xampp” yang didalamnya terdapat semua files yang anda butuhkan, lalu jalankan file “setup_xampp”, (hal ini diperlukan untuk instalasi awal saja). Selanjutnya jalankan file “xampp_control”, sama dengan versi exe, file ini adalah kontrol panelnya, klik start pada Apache dan MySQL untuk memulai.

Jika ada notifikasi Windows Firewall, “Allow Access” saja pada keduanya.

Selamat, saat ini komputer lokal anda sudah menjadi sebuah webserver yang sudah terinstall Apache, PHP dan MySQL, selanjutnya anda bisa me-install WordPress dan lainnya pada komputer anda.

Catatan : Jika merujuk pada artikel diatas, XAMPP yang terinstall pada komputer anda adalah default setting (tanpa modifikasi).

Install WordPress

Silahkan kunjungi website wordpress.org untuk mendownload WordPress versi terbaru.

ss-wp-site-2x

Setelah didownload, extrak, dan didalamnya terdapat folder wordpress, copy folder tersebut pada directory tempat XAMPP di-install. Cari folder htdocs, lalu paste folder wordpress didalamnya.

ss-htdocs

Selanjutnya, buka browser anda dan pada address bar ketik alamat : localhost/wordress

Pilih bahasa, pada halaman selanjutnya diinformasikan bahwa untuk me-install WordPress kita butuh sebuah data base, user, password dan data base host.

Untuk membuat data base, buka tab baru pada browser, dan ketik alamat localhost/phpmyadmin, selanjutnya halaman phpMyAdmin akan terbuka, phpMyAdmin akan memudahkan kita dalam me-manage data base, aplikasi ini sudah satu paket terinstall pada saat kita me-install XAMPP.

Klik pada data base, beri nama data base-nya dan klik tombol Create untuk melanjutkan.

ss-phpmyadmin

Kini data base sudah kita buat. Kembali pada tab pertama pada browser, klik tombol Let’s go!, lalu isi form sesuai dengan data base yang telah dibuat sebelumnya. Nama data base wp, user name root, dan untuk password dikosongkan saja, dan host isi dengan localhost.

ss-wp-db

Selanjutnya klik Submit untuk melanjutkan. Lalu klik Run the install untuk melanjutkan lagi.

Lalu kita isikan informasi tentang website kita, Judul, user name, password dan email.

wp-info

Setelah semuanya diisi, klik tombol Install WordPress untuk melanjutkan. Tunggu beberapa saat, setelah proses instalasi selesai, maka kita akan dihadapkan pada halaman login, ketik user name dan password yang telah dibuat tadi untuk login.

ss-wp-login

Setelah login, kita akan dibawa pada halaman dashbord utama untuk admin. Pada halaman ini kita bisa melakukan semuanya, me-install theme baru, membuat postingan baru, dan lain – lain.

ss-wp-dashboard

Cobalah untuk explore lebih dalam, pahami alurnya, utak – atik semaunya, toh offline ini, tidak ada yang bisa melihat.

Semoga artikel ini bisa membantu dalam belajar me-install WordPress dan XAMPP pada komputer lokal. Jika ada pertanyaan atau mengalami kesulitan silahkan bubuhkan di kolom komentar.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s